P2MABA FISIP Universitas Jember 2017

P2MABA merupakan singkatan dari Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru. Istilah ini digunakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai OSPEK FAKULTAS. Pembinaan Mahasiswa Baru, diartikan sebagai upaya mengenalkan serta mengajarkan kepada mahasiswa baru tentang kehidupan kampus, khususnya fakultas. Selain membina, mahasiswa baru juga akan dikembangkan potensi akademik maupun non-akademiknya. Dan juga mereka akan diasah untuk menjadi mahasiswa yang produktif dan berguna bagi masyarakat dan negara. Kegiatan ini dijalankan oleh Panitia P2MABA dengan ditemani BEM sebagai Steering comitee dan DPM sebagai Komisi Disiplin. P2MABA FISIP Universitas Jember dilaksanakan pada tanggal 23,24,30 September dan 14 Oktober 2017, yang mana tiap harinya mahasiswa diharuskan memakai pakaian dan atribut sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia. Berikut rangkaian acaranya.

Sabtu, 23 September 2017. Acara P2MABA dibuka oleh sambutan Dr. Anastasya Murdyastuti, M.SI selaku Wakil Dekan III, disusul oleh sambutan Dirga Punding selaku ketua BEM FISIP 2018, dan terakhir ketua panitia Ahmad Alfian Nurrudin Gufroni Hazmi menyampaikan sambutannya. Setelah Apel pembukaan P2MABA para peserta dibagi menjadi beberapa kelas sesuai prodi untuk mendapatkan beberapa materi oleh pemateri yang telah disiapkan oleh panitia, ada 5 materi yang disampaikan dan diselingi game ditengah penyampaian materinya. Di hari kedua peserta P2MABA diberi 4 materi dan juga Ormawa-ormawa yang ada di FISIP diberi kesempatan untuk mempromosikan dan memperkenalkan organisasi mereka.

peserta P2MABA saat penyampaian materi

Hari ketiga diisi dengan Lomba debat dan Lomba yel-yel, Lomba debat dilaksanakan dengan perwakilan peserta debat dari tiap prodi berbeda dengan lomba yel-yel yang mana semua peserta tiap prodi harus terlibat didalamnya. Kegiatan terakhir hari ketiga  Out Bond Games,  saat Outbond Games peserta dibawa keluar lapangan untuk mengikuti beberapa lomba seperti makan kerupuk, loncat” kardus, dan injak balon. Hari keempat dibuka dengan apel pagi seperti biasa untuk kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Jalan Sehat, Fashion show, Green Living dan Apresiasi seni dan Inagurasi. Jalan sehat dubuka dengan pemotongan pita oleh Dr. Ardiyanto M.SI selaku Dekan FISIP UNEJ dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, setelah jalan sehat peserta melakukan Lomba Fashion show, perwakilan jurusan yang terdiri dari 1 putra dan 1 putri yang sudah memakai pakian adat untuk Lomba Fashion show di pelataran FISIP bergantian bergaya memamerkan penampilan mereka. Disusul dengan Green living, yakni momen bagi para peserta untuk gotong royong membersihkan area FISIP dari sampah. Agenda berikutnya adalah Apresiasi seni yang mana tiap prodi diwajibkan menampilkan drama musikal yang mengangkat cerita yang berbeda-beda, hari terakhir ini ditutup dengan pesta inagrasi yang meriah.

Pemotongan pita sebagai tanda pelepasan jalan sehat
lomba fashion show

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close