Tata Cara Penyesuaian UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Para mahasiswa Universitas Jember yang melalui jalur regular pastinya akan membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) setiap semesternya. Besaran dari UKT ini sendiri beragam, tergantung dari hasil verifikasi final yang diadakan oleh pihak universitas. Besaran UKT ini terkadang juga tidak sesuai dengan harapan para mahasiswa dan juga oleh para wali mahasiswa tersebut. Besaran UKT ditentukan oleh data-data yang diberikan oleh mahasiswa pada verifikasi. Dan besaran UKT ini merupakan hal yang mutlak.

Pihak universitas tidak semena-mena memberikan besaran UKT tanpa pertimbangan. Para mahasiswa yang merasa UKT yang diberikan oleh pihak universitas sendiri dapat disesuaikan. Namun banyak mahasiswa yang menganggap penyesuaian ini adalah penurunan UKT. Sebenarnya tidak, penyesuaian UKT ini dilakukan ketika ada mahasiswa yang merasa UKT nya disesuaikan karena alasan tertentu. Namun dalam banyak kasus, penyesuaian UKT ini selalu membuat UKT mahasiswa menjadi turun atau tetap.

Pihak universitas memberikan mandat kepada masing-masing BEM Fakultas untuk menjadi fasilitator bagi para mahasiswa yang berada di fakultas mereka masing-masing. Sehingga BEM menjadi penyambung antara para mahasiswa dan juga pihak universitas untuk melakukan penyesuaian UKT tersebut.

BEM Fakultas akan mendampingi teman-teman mahasiswa yang ingin mengajukan penyesuaian terhadap UKT yang mereka dapat. Di BEM FISIP sendiri, departemen yang mengurusi permasalahan penyesuaian UKT ini adalah Departemen Advokasi. Departemen ini memang ditugaskan untuk dapat melakukan advokasi atau pendampingan terhadap seluruh kebutuhan mahasiswa yang salah satunya adalah penyesuaian UKT. Jadi, ketika ada mahasiswa yang ingin mengajukan penyesuaian UKT dapat segera menghubungi advokasi untuk pendampingan dan info-infonya.

Tata cara yang harus dilakukan oleh pemohon penyesuaian adalah dengan mengisi berkas dan melengkapi lampiran yang memang dibutuhkan untuk data penyesuaian. Seperti foto rumah, foto kos, foto kendaraan, foto telepon seluler, rekening listrik, rekening air, slip gaji (jika ada), surat pengantar dari desa atau RT. Semua lampiran tersebut harus lengkap supaya ketika tempat pemohon disurvey, maka data yang diberikan ketika penyesuaian dapat dicocokkan.

Kemudian, ketika data dan lampiran-lampiran yang sudah diberikan oleh pemohon dilengkapi, maka akan diverifikasi dan dicek kembali apakah masih ada lampiran yang kurang atau belum dilengkapi. Ketika berkas sudah lengkap, maka pihak BEM akan memberikan surat rekomendasi untuk pemohon mengajukan ke pihak universitas. Setelah itu, pihak BEM terutama Departemen Advokasi akan mendampingi proses pengajuan berkas kepada pihak universitas. Pemohon akan mengetahui UKTnya disesuaikan ketika akan membayar UKT. Kemudian, pemohon akan menunggu tim survey dari universitas untuk mengecek keabsahan data dari lampiran-lampiran yang sudah diberikan, jika memang data yang diberikan cocok dengan kondisi asli dari si pemohon, kemungkinan besar dapat disesuaikan besaran dari UKT pemohon tersebut, ataupun juga tetap, karena keputusan disesuaikan atau tidaknya seluruhnya dilakukan oleh pihak universitas.

Tulisan ini ditulis oleh Dept. Advokasi BEM FISIP UNEJ Periode 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close